Silabus PEMBELAJARAN
Sekolah : SMPN
2 Malangbong
Kelas :
VIII (Delapan)
Mata Pelajaran : Matematika
Semester :
I (satu)
ALJABAR
Standar
Kompetensi : 1. Memahami bentuk
aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||||||||||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||||||||||
1.1
Melakukan operasi aljabar
|
Bentuk aljabar
|
Mendiskusikan hasil operasi tambah, kurang pada
bentuk aljabar (pengulangan).
|
· Menyelesaikan operasi
tambah dan kurang pada bentuk aljabar.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Berapakah:
(2x + 3)
+ (-5x – 4)
|
2x40mnt
|
Buku Paket SMP/ Mts kelas VIII.
LKS
|
|||||||||
Mendiskusikan hasil operasi kali, bagi dan pangkat
pada bentuk aljabar (pengulangan).
|
· Menyelesaikan operasi
kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Berapakah
(-x + 6)(6x – 2)
|
2x40mnt
|
||||||||||||
1.2
Mengurai- kan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
|
Bentuk aljabar
|
Mendata faktor suku aljabar berupa konstanta
atau variabel
|
· Menentukan faktor suku
aljabar
|
Tes lisan
|
Daftar pertanyaan
|
Sebutkan variabel pada bentuk berikut:
1. 4x + 3
2. 2p – 5
3. (5a – 6)(4a+1)
|
2x40mnt
|
Buku Paket SMP/ Mts kelas VIII.
LKS
|
|||||||||
Menentukan faktor-faktor bentuk aljabar dengan
cara menguraikan bentuk aljabar tersebut.
|
· Menguraikan bentuk
aljabar ke dalam faktor-faktornya
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Faktorkanlah 6a - 3b + 12
|
2x40mnt
|
||||||||||||
1.3
Memahami relasi dan fungsi
|
Relasi dan fungsi
|
Menyebutkan
hubungan yang merupakan suatu fungsi melalui masalah sehari-hari,
misal hubungan antara nama kota dengan negara/propinsi, nama siswa dengan
ukuran sepatu.
|
· Menjelaskan dengan
kata-kata dan menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan relasi dan
fungsi
|
Tes lisan
|
Daftar pertanyaan
|
Berikan contoh dalam kehidupan sehari-hari yang
berkaitan dengan fungsi!
|
2x40mnt
|
Buku Paket SMP/ Mts kelas VIII.
LKS
|
|||||||||
|
|
Menuliskan suatu fungsi menggunakan notasi
|
· Menyatakan suatu fungsi
dengan notasi
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Harga gula 1 kg Rp 5600,00. Harga a kg gula 5600 a rupiah.Nyatakan dalam bentuk fungsi
a !
|
1x40mnt
|
||||||||||
1.4
Menentu-kan nilai fungsi
|
Fungsi
|
Mencermati cara menghitung nilai fungsi dan
menentukan nilainya.
|
· Menghitung nilai fungsi
|
Tes tertulis
|
Isian singkat
|
Jika f(x) = 4x -2 maka nilai f(3)=
|
2x40mnt
|
||||||||||
Menyusun suatu fungsi jika nilai fungsi dan data
fungsi diketahui
|
· Menentukan bentuk
fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Jika f(x) = px + q, f(1) = 3
dan
f(2) = 4,
tentukan f(x).
|
2x40mnt
|
||||||||||||
1.5
Membuat sketsa gra-fik fungsi aljabar se-derhana pada sis-tem koor-dinat
Car-tesius
|
Fungsi
|
Membuat
tabel pasangan antara nilai peubah dengan nilai fungsi
|
· Menyusun tabel pasangan
nilai peubah dengan nilai fungsi
|
Tes tertulis
|
Isian singkat
|
Diketahui f(x) = 2x + 3.
Lengkapilah tabel berikut:
|
2x40mnt
|
||||||||||
Menggambar grafik fungsi aljabar dengan cara
menentukan koordinat titik-titik pada sistem koordinat Cartesius.
|
· Menggambar grafik
fungsi pada koordinat Cartesius
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Dengan menggunakan tabel gambarlah grafik fungsi
yang dinyatakan f(x) = 3x -2.
|
2x40mnt
|
||||||||||||
1.6
Menentu- kan gradi-en, persa-maan dan grafik garis lurus.
|
Garis Lurus
|
Menemukan pengertian dan nilai gradien suatu
garis dengan cara menggambar beberapa garis lurus pada kertas berpetak.
|
· Menjelaskan pengertian
dan menentukan gradien garis lurus dalam berbagai bentuk
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Disajikan gambar beberapa garis pada kertas
berpetak. Tentukan gradien garis-garis tersebut!
|
2x40mnt
|
||||||||||
Menemukan cara menentukan persamaan garis yang
melalui dua titik dan melalui satu titik dengan gradien tertentu
|
· Menentukan persamaan
garis lurus yang melalui dua titik dan melalui satu titik dengan gradien
tertentu
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Persamaan garis yang melalui titik (2,3) dan
mempunyai gradien 2 adalah . .
|
2x40mnt
|
||||||||||||
Menggambar garis lurus jika
- melalui dua titik
- melalui satu titik
dengan gradien tertentu
- persamaan garisnya
diketahui.
|
· Menggambar grafik garis
lurus
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Gambarlah garis lurus dengan persamaan y = 2x -
4
|
4x40mnt
|
||||||||||||
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
Silabus PEMBELAJARAN
Sekolah
: SMPN 2 Malangbong
Kelas
: VIII (Delapan)
Mata Pelajaran : Matematika
Semester : I (satu)
Standar
Kompetensi : 2. Memahami sistem
persamaan linear dua variabel dan
menggunakannya dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1
Menyele-saikan sis-tem persa-maan line-ar dua va-riabel
|
Sistem Persamaan Linear Dua variabel
|
Mendiskusikan pengertian PLDV dan SPLDV
|
· Menyebutkan perbedaan
PLDV dan SPLDV
|
Tes lisan
|
Uraian
|
Perhatikan bentuk 4x + 2 y = 2
x – 2y = 4
a. Apakah merupakan sistem
persamaan?
b. Ada berapa variabel?
c. Apa variabelnya?
d. Disebut apakah bentuk
tersebut?
|
2x40mnt
|
Buku teks dan lingkungan
|
Mengidentifikasi SPLDV dalam berbagai bentuk dan
variabel
|
·
Menjelaskan SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel
|
Tes tertulis
|
Isian singkat
|
Manakah yang merupakan SPLDV?
a. 4x + 2y = 2
x
– 2y = 4
b. 4x + 2y ≤ 2
x – 2y = 4
c. 4x + 2y > 2
x – 2y = 4
d. 4x + 2y – 2 = 0
x – 2y – 4 = 0
|
2x40mnt
|
|||
Menyelesaikan SPLDV dengan cara substitusi dan
eliminasi
|
·
Menentukan akar SPLDV dengan substitusi dan eliminasi
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Selesaikan SPLDV
berikut ini:
3x – 2y = -1
-x + 3y = 12
|
2x40mnt
|
|||
2.2
Membuat ma-tematika dari masa-lah yang berkaitan dengan sistem per-samaan
linear dua variabel
|
Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
|
Mengubah masalah sehari-hari ke dalam matematika
berbentuk SPLDV
|
·
Membuat matematika dari masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan SPLDV
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Harga 4 pensil dan 5 buku tulis Rp19 000,00 sedangkan harga 3 pensil
dan 4 buku tulis Rp15 000,00. Tulislah matematikanya.
|
2x40mnt
|
|
2.3 Menyele-saikan mo-del mate-matika dari
masalah yang ber-kaitan dengan sistem per-samaan linear dua variabel dan
penaf-sirannya
|
Sistem
Persamaan Linear Dua Variabel
|
Mencari penyelesaian suatu masalah yang dinyatakan dalam matematika dalam
bentuk SPLDV
|
·
Menyelesaikan matematika dari masalah yang berkaitan
dengan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsirannya
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Selesaikan SPLDV berikut:
2x + 3y = 8
5x - 2y
=1
|
2x40mnt
|
|
Menggunakan grafik garis lurus untuk menyelesaikan
matematika yang berkaitan dengan SPLDV dan menafsirkan hasilnya
|
·
Menyelesaikan SPLDV dengan menggunakan grafik garis
lurus
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Selesaikan SPLDV
4x + 5y = 19
3x + 4y = 15
dengan menggunakan grafik garis lurus dan
merupakan apakah hasilnya?
|
4x40mnt
|
|||
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
Silabus PEMBELAJARAN
Sekolah : SMPN
2 Malangbong
Kelas :
VIII (Delapan)
Mata Pelajaran : Matematika
Semester :
I (satu)
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
Standar Kompetensi : 3. Menggunakan Teorema Pythagoras
dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1 Menggu-nakan
Teorema Pythago-ras untuk menentu-kan pan-jang sisi-sisi segi-tiga siku-siku.
|
Teorema Pythagoras
|
Menemukan Teorema Pythagoras dengan menggunakan
persegi-persegi.
|
· Menemukan Teorema
Pythagoras
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Panjang sisi siku-siku suatu segitiga adalah a
cm dan b cm, dan panjang sisi miring c cm. Tuliskan hubungan antara a, b, dan
c.
|
2x40mnt
|
Buku teks, kertas berpetak,
Pythagoras
|
Menuliskan rumus Teorema Pythagoras pada
segitiga siku-siku.
|
· Menghitung panjang sisi
segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Panjang salah satu sisi segitiga siku-siku 12
cm, dan panjang sisi miringnya 13 cm. Hitunglah panjang sisi siku-siku yang
lain.
|
2x40mnt
|
|||
Menerapkan Teorema Pythagoras pada segitiga
siku-siku dengan sudut istimewa
|
· Menghitung perbandingan
sisi sisi segitiga siku-siku istimewa (salah satu sudutnya 300, 450,
600)
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Segitiga ABC siku-siku di B. Sudut A = 300
dan panjang AC = 6 cm. Hitunglah panjang sisi AB dan BC.
|
4x40mnt
|
|||
3.2 Memecah-kan masa-lah pada bangun datar yang berkaitan
dengan Teorema Pythago-ras.
|
Teorema Pythagoras
|
Mencari perbandingan sisi-sisi segitiga
siku-siku istimewa dengan menggunakan teorema Pythagoras
|
· Menghitung perbandingan
sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Suatu segitiga ABC siku-siku di B dengan besar
sudut A = 300, dan panjang AB=c cm
Hitung panjang sisi-sisi BC dan AC.
|
2x40mnt
|
|
Menggunakan teorema Pythagoras untuk menghitung
panjang diagonal, sisi, pada bangun datar, misal persegi, persegipanjang,
belah- ketupat, dsb
|
· Menghitung panjang
diagonal pada bangun datar, misal persegi, persegipanjang, belah- ketupat,
dsb
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Persegipanjang mempunyai panjang 8 cm dan lebar
6 cm. Hitunglah
panjang diagonalnya.
|
6x40mnt
|
|||
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
Mengetahui,
Kepala SMPN 2 Malangbong
(
......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….
|
|
Garut, Februari 2012
Guru Mapel Matematika.
( Didit Wijaya)
NIP/NIK :…….…………….
|
Silabus PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMPN 2 Malangbong
Kelas :
VIII (Delapan)
Mata Pelajaran : Matematika
Semester :
II (dua)
GEOMETRI
DAN PENGUKURAN
Standar Kompetensi : 4. Menentukan
unsur, bagian lingkaran serta ukurannya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
4.1
Menentu kan unsur dan bagian-bagian lingkaran
|
Lingkaran
|
Mendiskusikan unsur-unsur dan bagian-bagian
lingkaran dengan menggunakan model
|
· Menyebutkan unsur-unsur
dan bagian-bagian lingkaran : pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur,
talibusur, juring dan tembereng.
|
Tes lisan
|
Daftar pertanyaan
|
Disebut
apakah ruas garis ?
|
2x40mnt
|
Buku Paket SMP/ Mts kelas VIII.
LKS
|
4.2 Menghitung
keliling dan luas lingkaran
|
Lingkaran
|
Menyimpulkan nilai phi dengan menggunakan benda
yang berbentuk lingkaran.
|
· Menemukan nilai phi
|
Unjuk kerja
|
Tes uji petik kerja
|
Ukurlah keliling (K) sebuah benda berbentuk
lingkaran dan juga diameternya (d).
Berapakah nilai
|
2x40mnt
|
|
Menemukan rumus keliling dan luas lingkaran
dengan menggunakan alat peraga
|
· Menentukan rumus
keliling dan luas lingkaran
|
Tes lisan
|
Daftar Pertanyaan
|
Sebutkan rumus keliling lingkaran yang
berjari-jari p.
Sebutkan rumus luas lingkaran yang berjari-jari
q.
|
4x40mnt
|
|||
Menggunakan rumus keliling dan luas lingkaran dalam pemecahan
masalah.
|
· Menghitung
keliling dan luas lingkaran.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Hitunglah luas lingkaran jika ukuran
jari-jarinya 14 cm.
|
4x40mnt
|
|||
4.3
Mengguna-kan hu-bungan su-dut pusat, panjang busur, luas juring da-lam
peme-cahan masalah.
|
Lingkaran
|
Mengamati hubungan sudut pusat dan sudut
keliling yang menghadap busur yang sama
|
· Menjelaskan hubungan
sudut pusat dan sudut keliling jika menghadap busur yang sama
|
Tes tertulis
|
Isian singkat
|
Jika sudut A adalah sudut pusat dan sudut B
adalah sudut keliling, sebutkan hubungan antara sudut A dan sudut B jika
kedua sudut itu menghadap busur yang sama.
|
2x40mnt
|
|
Menghitung besar sudut keliling jika menghadap
diameter atau busur yang sama.
|
· Menentukan besar sudut
keliling jika menghadap diameter dan busur yang sama.
|
Tes lisan
|
Daftar Pertanyaan
|
Berapa besar sudut keliling jika menghadap
diameter lingkaran?
|
2x40mnt
|
|||
Menghitung panjang busur,
luas juring dan tembereng.
|
· Menentukan panjang
busur, luas juring dan luas tembereng.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Di dalam lingkaran dengan jari-jari 12 cm,
terdapat sudut pusat yang besarnya 900
Hitunglah: a. Panjang busur kecil
b. luas juring kecil
|
4x40mnt
|
|||
Menemukan hubungan sudut pusat, panjang busur,
luas juring dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
· Menggunakan hubungan
sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Seorang anak harus minum tablet yang berbentuk
lingkaran. Jika anak tersebut harus minum 1/3 tablet itu dan ternyata
jari-jari tablet 0,7 cm. Berapakah luas tablet yang diminum?
|
4x40mnt
|
|||
4.4
Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran
|
Lingkaran
|
Mengamati sifat sudut yang dibentuk oleh garis
singgung dan garis yang melalui titik pusat.
|
· Menemukan sifat sudut
yang dibentuk oleh garis singgung dan garis yang melalui titik pusat.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Perhatikan gambar!
Berapakah besar sudut P?
Jelaskan!
|
2x40mnt
|
|
Mencermati garis singgung persekutuan dalam dan
persekutuan luar dua lingkaran
|
· Menjelaskan garis
singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran.
|
Tes tertulis
|
Isian singkat
|
Perhatikan gambar!
Disebut
apakah:a) garis AB?
b) garis KL?
|
2x40mnt
|
|||
|
|
Menghitung panjang garis singgung persekutuan
dalam dan persekutuan luar dua lingkaran
|
· Menentukan panjang garis singgung persekutuan dalam
dan persekutuan luar
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Panjang jari-jari dua lingkaran masing-masing 7cm
dan 1cm. Jika jarak antara titik pusatnya 10cm, berapakah panjang garis
singgung:
a) persekutuan dalam
b) persekutuan luar
|
4x40mnt
|
|
4.5
Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar suatu segitiga
|
Lingkaran
|
Menggunakan jangka dan penggaris untuk melukis
lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga
|
· Melukis lingkaran dalam
dan lingkaran luar segitiga
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Dengan menggunakan jangka dan penggaris,
lukislah lingkaran:
a) dalam suatu segitiga
b) luar suatu segitiga
|
4x40mnt
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
Silabus
PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMPN 2 Malangbong
Kelas :
VIII (Delapan)
Mata Pelajaran : Matematika
Semester :
II (dua)
Standar Kompetensi :
5. Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas,
dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
5.1
Mengiden- tifikasi sifat-sifat kubus, ba-lok, prisma dan limas serta
bagian-bagiannya.
|
Kubus, balok, prisma tegak,
limas
|
Mendiskusikan unsur-unsur kubus, balok, prisma
dan limas dengan menggunakan model
|
· Menyebutkan unsur-unsur
kubus, balok, prisma, dan limas : rusuk, bidang sisi, diagonal bidang,
diagonal ruang, bidang diagonal.
|
Tes tertulis
|
Daftar pertanyaan
|
W V
T U
S R
P Q
Perhatikan balok PQRS-TUVW.
a. Sebutkan rusuk-rusuk
tegaknya!
b. Sebutkan diagonal
ruangnya!
Sebutkan
bidang alas dan atasnya!
|
2x40mnt
|
Buku teks, lingkungan, bangun ruang sisi datar
(padat dan kerangka)
|
5.2 Membuat
jaring-jaring ku-bus, balok, prisma dan limas
|
Kubus, balok, prisma tegak,
limas
|
Merancang jaring-jaring
- kubus
- balok
- prisma tegak
- limas
|
· Membuat jaring-jaring
- kubus
- balok
- prisma tegak
- limas
|
Unjuk kerja
|
Tes uji petik kerja
|
Dengan menggunakan karton manila, buatlah model:
a. balok
b. kubus
c.
limas
|
4x40mnt
|
|
5.3
Menghi-tung luas permukaan dan volu-me kubus, balok, pris-ma dan limas
|
Kubus, balok, prisma tegak,
limas
|
Mencari rumus luas permukaan
kubus, balok, limas dan prisma tegak
|
· Menemukan rumus luas
permukaan kubus, balok, limas dan prisma tegak
|
Tes lisan
|
Daftar pertanyaan
|
1.Sebutkan
rumus luas permukaan kubus jika rusuknya x cm.
2. Sebutkan
rumus luas permukaan prisma yang alasnya jajargenjang dengan panjang alas a
cm dan tingginya b cm. Tinggi prisma t cm.
|
4x40mnt
|
|
Menggunakan rumus untuk
menghitung luas permukaan kubus,
balok, prisma dan limas.
|
· Menghitung luas
permukaan kubus, balok, prisma dan limas
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Suatu prisma tegak sisi tiga panjang rusuk
alasnya 6 cm dan tingginya 8 cm. Hitunglah luas permukaan prisma.
|
4x40mnt
|
|||
Mencari rumus volume kubus, balok, prisma,
limas.
|
· Menentukan rumus volume
kubus, balok, prisma, limas
|
Tes lisan
|
Daftar
Pertanyaan
|
1.
Sebutkan rumus volume:
a) kubus dengan panjang rusuk x cm.
b) balok dengan panjang pcm, lebar lcm,
dan tinggi t cm.
|
2x40mnt
|
|||
Menggunakan rumus untuk
menghitung volume kubus, balok, prisma, limas.
|
· Menghitung volume
kubus, balok, prisma, limas.
|
Tes tertulis
|
Tes
pilihan ganda
|
Suatu limas tegak sisi-4 alasnya berupa persegi
dengan panjang sisi 9 cm. Jika tinggi limas 8 cm maka volume limas :
A.
206 cm
B.
216 cm
C.
261 cm
D.
648 cm
|
6x40mnt
|
|||
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
Mengetahui,
Kepala SMPN 2 Malangbong
(
......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….
|
|
Garut, Februari 2012
Guru Mapel Matematika.
( Didit Wijaya)
NIP/NIK :…….…………….
|