RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP) 01
Nama Sekolah : SMP
Negeri 2 Malangbomg
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII
(Delapan)
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : 4. Menentukan
unsur, bagian lingkaran serta ukurannya.
Kompetensi Dasar : 4.1. Menentukan
unsur dan bagian-bagian lingkaran.
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran.
A. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat menyebutkan unsur-unsur dan
bagian-bagian lingkaran: pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur, tali
busur, tembereng, juring, apotema.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B. Materi Ajar
Lingkaran,
yaitu mengenai mengenal unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran.
C. Metode
Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Pendahuluan : - Apersepsi
: Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik
dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik diberikan stimulus
berupa pemberian materi oleh guru mengenai unsur-unsur dan bagian-bagian
lingkaran: pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng,
juring, apotema, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi
tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VIII Semester 2, mengenai mengenal
unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran).
F Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai unsur-unsur dan
bagian-bagian lingkaran: pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur, tali
busur, tembereng, juring, apotema.
F materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Peserta didik mengerjakan
beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket mengenai pemasangan nama
unsur-unsur atau bagian-bagian lingkaran: pusat lingkaran, jari-jari, diameter,
busur, tali busur, tembereng, juring, apotema terhadap gambar ilustrasinya,
kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal
tersebut.
F Peserta didik mengerjakan
soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket mengenai unsur-unsur dan
bagian-bagian lingkaran.
F Peserta didik mengerjakan
beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket
mengenai unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran, kemudian peserta didik dan
guru secara
bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik
untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan
masalah;
Ø memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F Peserta didik diberikan
pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan”
dalam buku paket yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.
E. Alat dan
Sumber Belajar
Sumber :
- Buku
paket, yaitu buku Matematika Kelas VIII
Semester 2.
- Buku referensi lain.
Alat :
-
Laptop
-
Infokus
-
White/ Black Board
-
Board Maker
F. Penilaian Hasil Belajar .
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
Menyebutkan unsur-unsur dan
bagian-bagian lingkaran : pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur,
talibusur, juring dan tembereng.
|
Tes lisan
|
Daftar pertanyaan
|
Disebut
apakah ruas garis ?
|
Mengetahui,
Kepala SMPN 2 Malangbong
( .........................................................
)
NIP/NIK :…………..……………….
|
|
Garut, Februari 2012
Guru Mapel Matematika.
( Didit Wijaya)
NIP/NIK :…….…………….
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP) 02
Nama Sekolah : SMP
Negeri 2 Malangbong
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII
(Delapan)
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi :
4. Menentukan unsur, bagian lingkaran serta
ukurannya.
Kompetensi Dasar : 4.2.Menghitung
keliling dan luas lingkaran.
Alokasi Waktu : 10 jam pelajaran (5
pertemuan).
A. Tujuan
Pembelajaran
- Pertemuan Pertama, Kedua, Ketiga, keempat, dan
kelima.
a. Peserta didik
dapat menentukan nilai Phi.
b. Peserta didik
dapat menentukan rumus keliling dan luas lingkaran.
c. Peserta didik dapat menghitung
keliling dan luas lingkaran.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B. Materi Ajar.
a. Menentukan nilai Phi ().
b. Menentukan
keliling lingkaran.
c. Menentukan luas
lingkaran.
C. Metode
Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Ø
Pertemuan Pertama, Kedua,
Ketiga, keempat, dan kelima
Pendahuluan : - Apersepsi
: Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik
dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik diberikan
stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menemukan nilai Phi (), menentukan rumus keliling dan luas lingkaran, serta
menghitung keliling dan luas lingkaran (Bahan: buku paket, yaitu buku
Matematika Kelas VIII Semester 2,
mengenai menemukan nilai Phi (),mengenai menentukan keliling lingkaran, dan mengenai
menentukan luas lingkaran), kemudian antara peserta didik dan guru
mendiskusikan materi tersebut.
F Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menemukan
nilai Phi (), menentukan rumus keliling dan luas lingkaran, serta
menghitung keliling dan luas lingkaran.
F Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada mengenai cara
menentukan keliling lingkaran, dan mengenai cara mencari luas lingkaran.
F materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Peserta didik mengerjakan
soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket mengenai penentuan keliling
lingkaran, jari-jari, diameter jika salah satu nilai dari jari-jari, keliling,
dan diameter lingkaran diketahui, dan mengenai penentuan luas lingkaran.
F Peserta didik mengerjakan
beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket mengenai penentuan rumus
keliling lingkaran dan penemuan nilai Phi (),mengenai penentuan luas lingkaran, kemudian peserta didik
dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.
F Peserta didik mengerjakan
beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket
mengenai nilai Phi (),mengenai penentuan keliling lingkaran, dan mengenai
penentuan luas lingkaran, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas beberapa jawaban soal tersebut.
F Peserta didik mengerjakan
beberapa soal dalam buku paket.
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan
masalah;
Ø memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F Peserta didik diberikan
pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan”
dalam buku paket yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.
E. Alat dan Sumber
Belajar
Sumber :
- Buku
paket, yaitu buku Matematika Kelas VIII
Semester 2.
- Buku referensi lain.
Alat :
-
Laptop
-
White/ Black Board
-
Board Maker
F. Penilaian Hasil Belajar .
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
· Menemukan nilai phi
· Menentukan rumus
keliling dan luas lingkaran
· Menghitung
keliling dan luas lingkaran.
|
Unjuk kerja
Tes lisan
Tes tertulis
|
Tes uji petik kerja
Daftar Pertanyaan
Uraian
|
· Ukurlah keliling (K)
sebuah benda berbentuk lingkaran dan juga diameternya (d).
Berapakah nilai
· Sebutkan rumus keliling
lingkaran yang berjari-jari p.
· Sebutkan rumus luas
lingkaran yang berjari-jari q.
· Hitunglah luas
lingkaran jika ukuran jari-jarinya 14 cm.
|
Mengetahui,
Kepala SMPN 2 Malangbong
(
......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….
|
|
Garut, Februari 2012
Guru Mapel Matematika.
( Didit Wijaya)
NIP/NIK :…….…………….
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP) 03
Nama
Sekolah : SMP Negeri 2 Malangbong
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII
(Delapan)
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi :
4. Menentukan unsur, bagian lingkaran serta
ukurannya.
Kompetensi Dasar : 4.3. Memahami
relasi dan fungsi.
Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran (6
pertemuan).
A. Tujuan
Pembelajaran
- Pertemuan Pertama, Kedua dan Ketiga .
a. Peserta didik
dapat mengenal hubungan sudut pusat dan sudut keliling jika menghadap busur
yang sama.
b. Peserta didik
dapat menentukan besar sudut keliling jika menghadap diameter dan busur yang
sama.
- Pertemuan keempat, kelima dan keenam .
a. Peserta didik
dapat menentukan panjang busur, luas juring dan tembereng.
b. Peserta didik
dapat menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam
pemecahan masalah.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B. Materi Ajar.
a. Mengenal
sudut pusat dan sudut keliling.
b. Mengenal hubungan
antara busur, juring, dan sudut pusat.
C. Metode
Pembelajaran.
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Ø
Pertemuan Pertama, Kedua dan
ketiga.
Pendahuluan : - Apersepsi
: Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik
dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik diberikan
stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai hubungan sudut pusat dan
sudut keliling jika menghadap busur yang sama, dan cara menentukan besar sudut
keliling jika menghadap diameter dan busur yang sama (Bahan: buku paket, yaitu
buku Matematika Kelas VIII Semester 2,
mengenai mengenal sudut pusat dan sudut keliling), kemudian antara peserta
didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.
F Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai hubungan sudut
pusat dan sudut keliling jika menghadap busur yang sama, dan cara menentukan
besar sudut keliling jika menghadap diameter dan busur yang sama.
F Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada mengenai cara
menentukan besar sudut keliling.
F Peserta didik mengerjakan
beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket mengenai hubungan sudut
pusat dan sudut keliling jika menghadap busur yang sama, kemudian peserta didik
dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.
F materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Peserta didik mengerjakan
soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket mengenai penentuan besar sudut
pusat dan sudut keliling.
F Peserta didik mengerjakan
beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket
mengenai penentuan besar sudut pusat dan sudut keliling, kemudian peserta didik
dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.
F Peserta didik mengerjakan beberapa soal dalam buku paket.
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan
masalah;
Ø memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
Ø
Pertemuan keempat. Kelima
dan keenam
Pendahuluan : - Apersepsi
: Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik
dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik diberikan stimulus
berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menentukan panjang busur, luas
juring dan tembereng, dan menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas
juring dalam pemecahan masalah (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VIII Semester 2, mengenai mengenal
hubungan antara busur, juring, dan sudut pusat), kemudian antara peserta didik
dan guru mendiskusikan materi tersebut.
F Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menentukan
panjang busur, luas juring dan tembereng, dan menggunakan hubungan sudut pusat,
panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah.
F Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada mengenai cara menentukan keliling dan
luas lingkaran, serta panjang busur, luas juring dan temberengnya.
F materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Peserta didik mengerjakan soal-soal
dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket mengenai penentuan panjang busur, luas
juring, dan besar sudut lingkaran.
F Peserta didik mengerjakan
beberapa soal dalam buku paket.
F Peserta didik mengerjakan
beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket
mengenai penentuan jari-jari lingkaran jika diketahui besar sudut pusat dan
panjang busur lingkaran, luas juring dan tembereng, dan penggunaan hubungan
sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah, kemudian
peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan
masalah;
Ø memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F Peserta didik diberikan
pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan”
dalam buku paket yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.
E. Alat dan
Sumber Belajar.
Sumber :
- Buku
paket, yaitu buku Matematika Kelas VIII
Semester 2.
- Buku referensi lain.
Alat :
-
Laptop
-
Infokus
-
White/ Black Board
-
Board Maker
F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
· Menjelaskan hubungan
sudut pusat dan sudut keliling jika menghadap busur yang sama
· Menentukan besar sudut
keliling jika menghadap diameter dan busur yang sama.
· Menentukan panjang
busur, luas juring dan luas tembereng.
· Menggunakan hubungan
sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah
|
Tes tertulis
Tes lisan
Tes tertulis
|
Isian singkat
Daftar Pertanyaan
Uraian
|
· Jika sudut A adalah sudut
pusat dan sudut B adalah sudut keliling, sebutkan hubungan antara sudut A dan
sudut B jika kedua sudut itu menghadap busur yang sama.
· Berapa besar sudut
keliling jika menghadap diameter lingkaran?
· Di dalam lingkaran
dengan jari-jari 12 cm, terdapat sudut pusat yang besarnya 900 Hitunglah:
a. Panjang busur kecil
b.luas juring kecil
· Seorang anak harus
minum tablet yang berbentuk lingkaran. Jika anak tersebut harus minum 1/3
tablet itu dan ternyata jari-jari tablet 0,7 cm. Berapakah luas tablet yang
diminum?
· Gambar di bawah ini adalah
penampang pipa yang digenangi air. Diameter pipa adalah 14 cm dan panjang
permukaan air pada pipa adalah 10 cm. Berapakah tinggi air dari dasar pipa dan luas
penampang air itu?
10
cm
|
Mengetahui,
Kepala SMPN 2 Malangbong
( .........................................................
)
NIP/NIK :…………..……………….
|
|
Garut, Februari 2012
Guru Mapel Matematika.
( Didit Wijaya)
NIP/NIK :…….…………….
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP) 04
Nama Sekolah : SMP
Negeri 2 Malangbong
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII
(Delapan)
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi :
4. Menentukan unsur, bagian lingkaran serta
ukurannya.
Kompetensi Dasar : 4.4. Menghitung panjang garis singgung persekutuan
dua lingkaran.
Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran (4
pertemuan).
A. Tujuan
Pembelajaran
- Pertemuan Pertama, dan Kedua.
a. Peserta didik
dapat menemukan sifat sudut yang dibentuk oleh garis singgung dan garis yang
melalui titik pusat.
b. Peserta didik dapat mengenali
garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran.
- Pertemuan Ketiga, dan keempat.
a. Peserta didik
dapat menentukan panjang garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar.
b. Peserta didik
dapat menghitung panjang sabuk lilitan minimal yang menghubungkan dua
lingkaran.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B. Materi Ajar
Garis
Singgung Lingkaran, yaitu mengenai:
a. Mengenal garis singgung lingkaran.
b. Menemukan
sifat-sifat garis singgung lingkaran.
c. Menyebutkan
syarat kedudukan dua lingkaran.
d. Mengenal garis singgung persekutuan dua
lingkaran.
e. Melukis garis singgung
lingkaran.
f. Menghitung
panjang garis singgung persekutuan.
g. Menghitung panjang
sabuk lilitan minimal yang menghubung- kan dua lingkaran.
C. Metode
Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Ø
Pertemuan Pertama dan
Kedua
Pendahuluan : - Apersepsi
: Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik
dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik diberikan
stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menemukan sifat sudut
yang dibentuk oleh garis singgung dan garis yang melalui titik pusat dan
mengenali garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran (Bahan:
buku paket, yaitu buku Matematika Kelas
VIII Semester 2, mengenai mengenal garis singgung lingkaran, mengenai menemukan
sifat-sifat garis singgung lingkaran, mengenai menyebutkan syarat kedudukan dua
lingkaran, dan mengenai mengenal garis singgung persekutuan dua lingkaran),
kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.
F Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menemukan
sifat sudut yang dibentuk oleh garis singgung dan garis yang melalui titik
pusat dan mengenali garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua
lingkaran.
F Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada mengenai cara
menentukan panjang garis singgung lingkaran dan besar sudut yang dibentuk oleh
garis singgung dan garis yang melalui titik pusat, dan mengenai cara menentukan
garis singgung persekutuan luar dua lingkaran.
F materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta didik
dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik
untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan
masalah;
Ø memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
Ø
Pertemuan Ketiga dan
Keempat
Pendahuluan : - Apersepsi
: Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik
dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik diberikan stimulus
berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menentukan panjang garis
singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar, serta menghitung panjang sabuk
lilitan minimal yang menghubungkan dua lingkaran (Bahan: buku paket, yaitu buku
Matematika Kelas VIII Semester 2,
mengenai melukis garis singgung lingkaran, mengenai menghitung panjang garis
singgung persekutuan, mengenai menghitung panjang sabuk lilitan minimal yang
menghubungkan dua lingkaran), kemudian antara peserta didik dan guru
mendiskusikan materi tersebut.
F Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menentukan
panjang garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar, serta menghitung
panjang sabuk lilitan minimal yang menghubungkan dua lingkaran.
F Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada mengenai cara
menghitung panjang garis singgung persekutuan luar dua lingkaran, mengenai cara
menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran, dan mengenai cara
menghitung panjang sabuk lilitan minimal yang menghubungkan dua lingkaran.
F materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Peserta didik mengerjakan
beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket mengenai melukis garis
singgung lingkaran melalui titik yang terletak pada lingkaran, mengenai melukis
garis singgung lingkaran melalui titik yang terletak di luar lingkaran,
mengenai melukis garis singgung persekutuan luar dua lingkaran, dan mengenai
melukis garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran.
F Peserta didik mengerjakan
soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket mengenai melukis garis singgung
lingkaran melalui titik yang terletak pada lingkaran, mengenai melukis garis
singgung lingkaran melalui titik yang terletak di luar lingkaran, mengenai
melukis garis singgung persekutuan luar dua lingkaran, mengenai melukis garis
singgung persekutuan dalam dua lingkaran mengenai menghitung panjang garis
singgung persekutuan luar dua lingkaran, mengenai menghitung panjang garis
singgung persekutuan dalam dua lingkaran, mengenai menghitung panjang sabuk
lilitan minimal yang menghubungkan dua lingkaran, kemudian antara peserta didik
dan guru mendiskusikan materi tersebut.
F Peserta didik mengerjakan
beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket
mengenai melukis garis singgung lingkaran, mengenai menghitung panjang garis
singgung persekutuan, dan mengenai menghitung panjang sabuk lilitan minimal
yang menghubungkan dua lingkaran, kemudian peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.
F Peserta didik mengerjakan
beberapa soal dalam buku paket.
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan
masalah;
Ø memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F Peserta didik diberikan pekerjaan
rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku
paket yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.
E. Alat dan
Sumber Belajar.
Sumber :
- Buku
paket, yaitu buku Matematika Kelas VIII
Semester 2.
- Buku referensi lain.
Alat :
-
Laptop
-
Infokus
-
White/ Black Board
-
Board Maker
F. Penilaian Hasil Belajar .
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
· Menemukan sifat sudut
yang dibentuk oleh garis singgung dan garis yang melalui titik pusat.
· Menjelaskan garis
singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran.
· Menentukan panjang garis singgung persekutuan dalam
dan persekutuan luar
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Uraian
Isian singkat
Uraian
|
· Perhatikan gambar!
Berapakah besar sudut P?
Jelaskan!
·
Perhatikan gambar!
Disebut
apakah:a) garis AB?
b) garis KL?
· Panjang jari-jari dua
lingkaran masing-masing 7cm dan 1cm. Jika jarak antara titik pusatnya 10cm,
berapakah panjang garis singgung:
a)
persekutuan dalam
b)
persekutuan luar
|
Mengetahui,
Kepala SMPN 2 Malangbong
( .........................................................
)
NIP/NIK :…………..……………….
|
|
Garut, Februari 2012
Guru Mapel Matematika.
( Didit Wijaya)
NIP/NIK :…….…………….
|
|
|
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP) 05
Nama Sekolah : SMP
Negeri 2 Malangbong
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII
(Delapan)
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi :
4.
Menentukan unsur, bagian lingkaran
serta ukurannya.
Kompetensi Dasar : 4.5.Melukis lingkaran dalam
dan lingkaran luar suatu segitiga.
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2
pertemuan).
A. Tujuan
Pembelajaran
- Pertemuan Pertama.
Peserta didik dapat melukis lingkaran dalam dan
lingkaran luar segitiga.
- Pertemuan Kedua.
Peserta didik dapat melukis lingkaran jika diketahui tiga
titik yang tidak segaris.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B. Materi Ajar.
Lingkaran, yaitu mengenai:
a. Melukis lingkaran dalam dan luar segitiga.
b. Melukis lingkaran jika diketahui tiga titik
yang tidak segaris.
C. Metode
Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Ø
Pertemuan Pertama
Pendahuluan : - Apersepsi
: Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik
dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik diberikan
stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara melukis lingkaran
dalam dan lingkaran luar segitiga (Bahan: buku paket, yaitu buku
Matematika Kelas VIII Semester 2,
mengenai melukis lingkaran dalam dan luar segitiga), kemudian antara peserta
didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.
F Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara melukis
lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga.
F Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada mengenai cara
menentukan jari-jari lingkaran dalam segitiga, dan mengenai penghitungan
panjang jari-jari lingkaran luar segitiga.
F materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan
masalah;
Ø memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
Ø
Pertemuan Kedua
Pendahuluan : - Apersepsi
: Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik
dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik diberikan
stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara melukis lingkaran jika
diketahui tiga titik yang tidak segaris (Bahan: buku paket, yaitu buku
Matematika Kelas VIII Semester 2, mengenai
cara melukis lingkaran jika diketahui tiga titik yang tidak segaris, kemudian
antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.
F Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara melukis
lingkaran jika diketahui tiga titik yang tidak segaris.
F Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari
“Bekerja Aktif“ dalam buku paket mengenai melukis lingkaran jika diketahui tiga
titik berbeda yang tidak segaris.
F materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Peserta didik mengerjakan
beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket
mengenai melukis lingkaran jika diketahui tiga titik yang tidak segaris,
kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban
soal tersebut.
F Peserta didik diingatkan untuk
mempelajari kembali materi mengenai lingkaran dan garis singgung lingkaran
untuk menghadapi ulangan pada pertemuan berikutnya.
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan
masalah;
Ø memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F Peserta didik dan guru
menyimak dan membahas “Refleksi Matematika“.
F Peserta didik diberikan
pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan”
dalam buku paket yang belum terselesaikan/dibahas di kelas, serta soal-soal
dari “Evaluasi Mandiri“, serta
“Portofolio“.
E. Alat dan
Sumber Belajar
Sumber :
- Buku
paket, yaitu buku Matematika Kelas VIII
Semester 2,
- Buku referensi lain.
Alat :
-
Laptop
-
Infokus
-
White/ Black Board
-
Board Maker
F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
· Melukis lingkaran dalam
dan lingkaran luar segitiga
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
· Dengan menggunakan
jangka dan penggaris, lukislah lingkaran:
a)
dalam suatu segitiga
b)
luar suatu segitiga
· Buatlah lingkaran yang melalui
titik-titik P, Q, R berikut!
· R
P
·
· Q
·
Seekor anjing
yang terikat pada suatu pancang dialtih untuk berlari mengitari halaman.
Suatu hari anjing itu berlari mengelilingi halaman 30 kali dengan tali yang
mengencang sepanjang 5 m. Apabila tali dianggap terus mengencang setiap kali
berputar, berapa meter jarak yang ditempuh anjing itu?
· Segitiga ABC memiliki sisi-sisi 12 cm, 5 cm, dan 13 cm. Panjang
jari-jari lingkaran dalamnya adalah …
a.
2 cm c. 6 cm
b. 4 cm d. 8 cm
· Panjang garis singgung persekutuan
luar dua lingkaran 15 cm. Jika panjang jari-jarinya masing-masing 10 cm dan 2
cm, jarak kedua pusat lingkaran itu adalah .....
a. 17 cm c. cm
b. cm d.
16
cm
|
Mengetahui,
Kepala SMPN 2 Malangbong
(
......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….
|
|
Garut, Februari 2012
Guru Mapel Matematika.
( Didit Wijaya)
NIP/NIK :…….…………….
|
|
|
|
.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 06
Nama Sekolah : SMP
Negeri 2 Malangbong
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII
(Delapan)
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : 5. Mamahami
sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan
ukurannya.
Kompetensi Dasar : 5.1. Mengidentifikasi sifat-sifat kubus,
balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya.
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (1 pertemuan).
A. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat menyebutkan unsur-unsur kubus, balok,
prisma, dan limas: titik sudut, rusuk-rusuk, bidang sisi, diagonal bidang,
diagonal ruang, bidang diagonal, tinggi.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B. Materi Ajar
Kubus,
Balok, Prisma dan Limas Tegak, yaitu mengenai mengenal unsur-unsur kubus,
balok, prisma dan limas tegak.
C. Metode
Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Ø
Pertemuan Pertama
Pendahuluan : - Apersepsi
: Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang
pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik diberikan
stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara Peserta didik
diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai unsur-unsur
kubus, balok, prisma, dan limas: titik sudut, rusuk-rusuk, bidang sisi,
diagonal bidang, diagonal ruang, bidang diagonal, tinggi, kemudian antara
peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu
buku Matematika SMP Kelas VIII Semester 2, mengenai mengenal unsur-unsur kubus
dan balok, serta mengenai mengidentifikasi unsur-unsur prisma tegak dan limas
tegak).
F Peserta didik mengkomunikasikan
secara lisan atau mempresentasikan mengenai unsur-unsur kubus, balok, prisma, dan limas:
titik sudut, rusuk-rusuk, bidang sisi, diagonal bidang, diagonal ruang, bidang
diagonal, tinggi.
F materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan
masalah;
Ø memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F Peserta didik diberikan pekerjaan
rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku
paket yang belum terselesaikan/dibahas di kelas
E. Alat dan
Sumber Belajar
Sumber :
- Buku
paket, yaitu buku Matematika SMPKelas VIII Semester 2.
- Buku referensi lain.
Alat :
-
Laptop
-
LCD
-
OHP
F. Penilaian Hasil Belajar .
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
· Menyebutkan unsur-unsur
kubus, balok, prisma, dan limas : rusuk, bidang sisi, diagonal bidang,
diagonal ruang, bidang diagonal.
|
Tes tertulis
|
Daftar pertanyaan
|
W V
T U
S R
P Q
Perhatikan balok PQRS-TUVW.
a. Sebutkan rusuk-rusuk
tegaknya!
b. Sebutkan diagonal
ruangnya!
Sebutkan
bidang alas dan atasnya!
|
Mengetahui,
Kepala SMPN 2 Malangbong
(
......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….
|
|
Garut, Februari 2012
Guru Mapel Matematika.
( Didit Wijaya)
NIP/NIK :…….…………….
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP) 07
Nama Sekolah : SMPN
2 Malangbong
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII
(Delapan)
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi :
5.
Mamahami sifat-sifat kubus,
balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar : 5.2. Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma, dan
limas.
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2 pertemuan).
A. Tujuan
Pembelajaran
- Pertemuan Pertama dan Kedua.
Peserta didik dapat membuat jaring-jaring kubus, balok,
prisma tegak, dan limas tegak.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B. Materi Ajar
Menggambar
kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak
C. Metode
Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Ø
Pertemuan Pertama dan
Kedua
Pendahuluan : - Apersepsi
: Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang
pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik diberikan
stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara membuat jaring-jaring
kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak (Bahan: buku paket, yaitu buku
Matematika SMP Kelas VIII Semester 2, mengenai menggambar kubus dan balok, dan
yaitu menggambar prisma dan limas tegak), kemudian antara peserta didik dan
guru mendiskusikan materi tersebut.
F Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara membuat
jaring-jaring kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak.
F Peserta didik mengerjakan
beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket mengenai menggambar kubus dan balok, dan
mengenai menggambar prisma dan limas tegak, kemudian peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Peserta didik mengerjakan
beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket
mengenai penggambaran kubus dan balok, dan mengenai penggambaran prisma dan
limas, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa
jawaban soal tersebut.
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan
masalah;
Ø memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E. Alat dan
Sumber Belajar.
Sumber :
- Buku
paket, yaitu buku Matematika SMP Kelas VIII Semester 2.
- Buku referensi lain.
Alat :
-
Laptop
-
LCD
-
OHP
F. Penilaian Hasil Belajar .
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
· Membuat jaring-jaring
-
kubus
-
balok
-
prisma tegak
-
limas
|
Unjuk kerja
|
Tes uji petik kerja
|
· Dengan menggunakan karton
manila, buatlah model:
a. balok
b. kubus
c. limas
· Buatlah gambar jaring-jaring
kubus yang panjang rusuknya 5 satuan.
· Buatlah gambar
jaring-jaring prisma segitiga tegak ABC.DEF
dengan panjang sisi-sisi segitiga 3 cm, 4 cm, dan 5 cm, serta tinggi 6 cm.
|
Mengetahui,
Kepala SMPN 2 Malangbong
(
......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….
|
|
Garut, Februari 2012
Guru Mapel Matematika.
( Didit Wijaya)
NIP/NIK :…….…………….
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP) 08
Nama Sekolah : SMPN
2 Malangbong
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII
(Delapan)
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi :
5. Mamahami
sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar : 5.3. Menghitung luas permukaan dan volume kubus, balok,
prisma dan limas.
Alokasi Waktu : 16 jam pelajaran (8
pertemuan).
A. Tujuan
Pembelajaran
- Pertemuan Pertama Kedua, ketiga dan. Keempat.
a. Peserta didik
dapat menggunakan rumus untuk menghitung luas permukaan kubus, balok, prisma
tegak, dan limas tegak.
- Pertemuan kelima, keenam dan ketujuh..
a. Peserta didik
dapat menggunakan rumus untuk menghitung volume kubus, balok, prisma tegak, dan
limas tegak.
- Pertemuan kedelapan.
a. Peserta didik
dapat mengerjakan
soal-soal pada ulangan harian dengan baik berkaitan dengan materi mengenai
kubus, balok, prisma dan limas tegak.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B. Materi Ajar
a. Menghitung
luas permukaan (sisi) kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak.
b. Menemukan dan menghitung volume
kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak.
C. Metode Pembelajaran
Ceramah,
tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Ø
Pertemuan Pertama Kedua, ketiga
dan keempat
Pendahuluan : - Apersepsi
: Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang
pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan
Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik diberikan stimulus
berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menggunakan rumus untuk
menghitung luas permukaan kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak (Bahan:
buku paket, yaitu buku Matematika SMPKelas VIII Semester 2, mengenai menghitung
luas permukaan (sisi) kubus dan balok,.dan
mengenai menemukan dan menghitung rumus luas permukaan prisma dan limas
tegak), kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.
F Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menggunakan
rumus untuk menghitung luas permukaan kubus, balok, prisma tegak, dan limas
tegak.
F Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada mengenai cara
menghitung luas permukaan balok, mengenai cara menghitung luas permukaan
prisma, dan mengenai cara menghitung luas permukaan limas segiempat beraturan.
F Peserta didik mengerjakan
beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket mengenai penemuan rumus
luas permukaan (sisi) kubus dan balok,. mengenai penemuan rumus luas permukaan
(sisi) prisma, dan mengenai penemuan rumus luas permukaan (sisi) limas
segiempat tegak.
F materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan
masalah;
Ø memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F Peserta didik diberikan
pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan”
dalam buku paket yang belum terselesaikan/dibahas di kelas
Ø
Pertemuan kelima, keenam dan ketujuh
Pendahuluan : - Apersepsi : Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang
pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan
Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik diberikan
stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara Peserta didik
diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menggunakan
rumus untuk menghitung volume kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak
(Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMPKelas VIII Semester 2, mengenai
menemukan volume kubus dan balok, dan mengenai menemukan dan menghitung rumus
volume prisma dan limas tegak), kemudian antara peserta didik dan guru
mendiskusikan materi tersebut.
F Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menggunakan
rumus untuk menghitung volume kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak.
F Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada mengenai cara
menghitung volume balok, mengenai cara menghitung volume prisma, dan mengenai
cara menghitung volume limas tegak.
F materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Peserta didik mengerjakan
beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket hal. 259-260 mengenai
penemuan rumus volume limas.
F Peserta didik mengerjakan
soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket hal.229 mengenai penghitungan
volume kubus dan balok, mengenai penghitungan volume prisma, dan mengenai
penghitungan tinggi limas jika alas dan tinggi serta volume limas diketahui.
F Peserta didik mengerjakan
beberapa soal dalam buku paket.
F Peserta didik mengerjakan
beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket
mengenai penghitungan volume kubus dan balok, mengenai penghitungan volume
prisma tegak, dan mengenai penghitungan volume limas tegak, kemudian peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.
F Peserta didik diingatkan
untuk mempelajari kembali materi mengenai kubus, balok, prisma dan limas tegak
untuk menghadapi ulangan pada pertemuan berikutnya.
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan
masalah;
Ø memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F Peserta didik dan guru
menyimak dan membahas “Refleksi Matematika“ pada.
F Peserta didik diberikan
pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan”
dalam buku paket yang belum terselesaikan/dibahas di kelas, serta soal-soal
dari “Evaluasi Mandiri“, serta
“Portofolio“.
Ø
Pertemuan kedelapan.
Pendahuluan : Memotivasi siswa agar dapat mengerjakan soal-soal
pada ulangan harian dengan baik berkaitan dengan materi mengenai kubus, balok,
prisma dan limas tegak.
Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik diminta untuk
menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena
akan diadakan ulangan harian.
F materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Peserta didik diberikan
lembar soal ulangan harian.
F Peserta didik diingatkan
mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa
ada sanksi bila peserta didik mencontek.
F Guru mengumpulkan kertas
ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan
masalah;
Ø memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E. Alat dan Sumber Belajar
Sumber :
- Buku paket, yaitu buku Matematika SMPKelas VIII Semester 2.
- Buku
referensi lain.
Alat :
-
Laptop
-
LCD
-
OHP
F. Penilaian Hasil Belajar .
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
· Menemukan rumus luas
permukaan kubus, balok, limas dan prisma tegak
· Menghitung luas
permukaan kubus, balok, prisma dan limas
· Menentukan rumus volume
kubus, balok, prisma, limas
· Menghitung volume
kubus, balok, prisma, limas.
|
Tes lisan
Tes tertulis
Tes lisan
Tes tertulis
|
Daftar pertanyaan
Uraian
Daftar
Pertanyaan
Tes
pilihan ganda
|
· Sebutkan rumus luas
permukaan kubus jika rusuknya x cm.
· Sebutkan rumus luas
permukaan prisma yang alasnya jajargenjang dengan panjang alas a cm dan
tingginya b cm. Tinggi prisma t cm.
· Suatu prisma tegak sisi
tiga panjang rusuk alasnya 6 cm dan tingginya 8 cm. Hitunglah luas permukaan
prisma.
· Sebutkan rumus volume:
a) kubus dengan panjang rusuk x cm.
b) balok dengan panjang pcm, lebar lcm,
dan tinggi t cm.
· Suatu limas tegak
sisi-4 alasnya berupa persegi dengan panjang sisi 9 cm. Jika tinggi limas 8
cm maka volume limas :
A. 206 cm
B. 216 cm
C. 261 cm
D. 648 cm
· Ukuran sebuah batu bata
adalah 10 cm 12 cm 25 cm. Berapa banyak batu bata
yang akan dibutuhkan untuk membuat sebuah dinding dengan tinggi 1,75 m, tebal
12 cm, dan panjang 60 m ? (abaikan ketebalan semen).
· Luas sisi limas dengan alas
persegi adalah 384 . Panjang rusuk alasnya 12 m. Tinggi limas itu
adalah ….
a. 6 m c. 10 m
b. 8 m d. 12 m
|
Mengetahui,
Kepala SMPN 2 Malangbong
(
......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….
|
|
Garut, Februari 2012
Guru Mapel Matematika.
( Didit Wijaya)
NIP/NIK :…….…………….
|
|
|
|